Menanti perkembangan perbankan syariah di Indonesia

Kalau melihat pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia memang masih jauh dari yang diharapkan. Data dari BI sampai Q2 2008 menunjukkan pangsa pasar syariah masih 2% dari keseluruhan portfolio perbankan di Indonesia. Dengan data statistik tersebut, tentunya kita menjadi pesimis bahwa target yang dikeluarkan BI dapat tercapai yaitu pasar syariah bisa mencapai 5% di akhir tahun 2008. Saat ini terdapat 3 Bank Umum Syariah dan 28 Unit Usaha Syariah (UUS) milik bank konvensional.

Meskipun demikian, kita juga harus memberikan credit kepada BI yang mendukung pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah memperlebar office channeling UUS dengan memperbolehkan cabang konvensional melayani nasabah syariah. Survey yang pernah dilakukan oleh BI mengenai perilaku konsumen dalam memilih produk perbankan konvensional dan syariah menunjukkan bahwa ada beberapa alasan mengapa konsumen masih memilih perbankan konvensional dibanding perbankan syariah, antara lain minimnya pengetahuan mengenai perbankan syariah dan kemudahan dalam mengakses produk seperti jaringan ATM dan kantor cabang.

Oleh karena itu, seharusnya pihak perbankan giat dalam melakukan edukasi kepada masyarakat tentang produk-produk perbankan syariah. Momentum ramadhan merupakan momentum yang tepat dalam melakukan hal ini. Namun sayangnya, saya masih melihat pihak perbankan syariah belum optimal dalam memanfaatkan momentum ini, masih sedikit sekali iklan-iklan atau bentuk publikasi lainnya yang memperkenalkan perbankan syariah. Padahal di bulan ini masyarakat sedang gemar beribadah dan menambah keilmuan agamanya.

Jadi untuk meningkatkan pertumbuhan perbankan syariah setidaknya ada 2 hal yang harus dilakukan sekarang. Pertama, pemerintah dan DPR mengesahkan UU syariah sebagai legal framework yang kuat. Permasalahan instrumen investasi, double taxation dan insentif harus diselesaikan dalam waktu kedepan. Sehingga investor bisa dengan mudah berinvestasi di perbankan syariah. Kedua, pihak perbankan lebih giat dalam melakukan promosi dan edukasi ke masyarakat tentang produk-produk perbankan syariah. Kolaborasi dengan berbagai pihak pun bisa dilakukan. Menurut saya, sudah banyak kalangan yang mau membantu dalam mengembangkan perekonomian syariah di Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, pihak perbankan syariah harus juga meningkatkan e-chanelling produk-produknya, sehingga masyakarat mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam menggunakan produk tersebut.

Kita tunggu perkembangan selanjutnya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: