Tahun ini adalah Ramadhan yang spesial (1429H / 2008M)

Akhir-akhir ini berkembang sebuah trend di masyakarat untuk menjadikan keunikan astronomi sebagai momentum spesial dalam sejarah kehidupannya. Keunikan ini dikarenakan peristiwa tersebut jarang sekali terjadi atau hanya terjadi sekali saja. Sebut saja fenomena 7/7/7 atau yang baru saja terjadi adalah 8/8/8 (tanggal 8 Agustus 2008), dimana orang beramai-ramai menggunakan tanggal ini sebagai tanggal spesial, yang marak adalah menjadikannya sebagai hari pernikahan atau hari kelahiran anak. Kalau dilihat, memang sesuatu yang unik akan selalu dicari dan dimanfaatkan oleh orang.

Saudaraku sekalian, sadarkah kita kalau ramadhan tahun ini juga adalah ramadhan yang spesial dan unik? Keunikan ini pun terjadi dikarenakan peristiwa astronomi antara kalendar hijriyah dan qomariyah (masehi).

Wikipedia menjelaskan bahwa Kalender Hijriyah dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari).Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.Faktanya, siklus sinodik bulan bervariasi, sehingga usia bulan tidak tetap melainkan berubah-ubah (29 – 30 hari) sesuai dengan kedudukan ketiga benda langit tersebut (Bulan, Bumi dan Matahari).

Penentuan awal bulan (new moon) ditandai dengan munculnya penampakan (visibilitas) Bulan Sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (konjungsi atau ijtimak). Pada fase ini, Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat. Jika hilal tidak dapat terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30 hari. Tidak ada aturan khusus bulan-bulan mana saja yang memiliki 29 hari, dan mana yang memiliki 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.

Pada tahun 1429H / 2008 M, tanggal 1 Ramadhan jatuh bersamaan dengan tanggal 1 September. Dalam hitungan bulan, bulan Ramadhan adalah bulan yang ke-9 dalam kalender Hijriah, dan yang menariknya bulan September pun adalah bulan yang ke-9 dalam hitungan bulan Masehi !!!
Jadi saat ini bulan Hijriyah dan bulan Qomariyah (masehi) berjalan beriringan. Entah kapan lagi, fenomena ini akan berulang.

Oleh karena itu, jika banyak orang yang menggunakan keunikan astronomi sebagai momentum spesial dalam kehidupannya, maka mari kita jadikan pula keunikan Ramadhan ini sebagai ramadhan yang spesial dalam hidup kita. Allah menjadikan Ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keutamaan, dengan tambahan keunikan tersebut tentunya Ramadhan kali ini akan semakin berbekas di hati kita.

Mari maksimalkan ibadah Ramadhan kita tahun ini …

Wallahu’alam bisshowab.

One Response to “Tahun ini adalah Ramadhan yang spesial (1429H / 2008M)”

  1. faisol Says:

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Benarkah Kita Hamba Allah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/09/benarkah-kita-hamba-allah-1-of-2.html
    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link benarkah kita hamba Allah?)

    Apakah Allah juga mengakui bahwa kita adalah hamba-Nya?

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: