Pesona Al-Quran (2/2)

(*) Al-Qur’an berbicara masa depan
Aspek mu’jizat lain dari Al-Qur’an adalah bahwa ia mewahyukan sejumlah kejadian penting sebelum terjadinya kejadian2 tsb di masa datang. Pengumuman kejadian2 yg akan terjadi di masa yang akan datang hanya merupakan salah satu kebijaksanaan di dalam Al-Qur’an. Ini juga bukti bahwa Al-Qur’an adalah firman Allah, yang mempunyai pengetahuan tdk terbatas. Contoh :

= peristiwa penaklukan Mekah
Surat Al-Fath ayat 27 memberikan kegembiraan bagi orang2 yg beriman bahwa mereka akan menaklukan Mekah yg pada waktu itu berada di bawah kekuasaan jahiliyah. Ayat ini turun ketika umat Islam dalam keadaan tertekan. Namun dengan ayat ini Rasulullah menenangkan para sahabat akan janji Allah atas
kemenangan yg akan diraihnya.
“Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dgn mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut, Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat”(QS.48:27)

Jika kita lihat lebih lanjut, ayat ini mengumumkan Kemenangan lain yg akan terjadi sebelum Fathu Makah.
Bahkan, sbgm dinyatakan di ayat tsb, orang2 beriman pertama kali menaklukan benteng Khaibar yg berada dibawah kendali Yahudi, dan kemudian memasuki Makah.

= kemenangan Bizantium
Sepenggal wahyu lain yg mencengangkan ditemukan pada bbrp ayat pertama surat Ruum, yg merujuk kpd kerajaan Bizantium, bagian timur dari kerajaan Romawi. Di dalam ayat ini, dinyatakan bahwa kerajaan Bizantium menemui kekalahan besar, tapi segera dia akan menang kembali.
“Alif Laam Miim. Telah dikalahkan bangsa Rumawi, di negeri yg terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu
akan menang, dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang)”
.(QS.30:1-4)

Ayat2 ini diwahyukan sekitar thn 620, hampir 7 tahun setelah kekalahan hebat Bizantium yg Kristen di tangan penyembah berhala Persia. Tetapi diceritakan dlm ayat tsb bahwa tidak lama setelah itu Bizantium akan menang. Bahkan, saat itu Bizantium menderita kerugian hebat,  Tampaknya tidak mungkin u/ terus hidup, apalagi memperoleh kemenangan.

Setiap orang memperkirakan kerajaan Bizantium akan dihancurkan. Tapi pada momen yg tepat, ayat pertama
dari surat Ruum diwahyukan, yg mengumumkan Bizantium akan menang dlm bbrp tahun. Kemenangan ini tampaknya begitu mustahil sehingga kaum musyrikin Arab memperolok2 ayat ini. Mereka menganggap bahwa kemenangan yg diumumkan didalam Al-Qur’an tidak akan pernah terjadi.

Sekitar 7 tahun setelah ayat2 tsb turun, pada bulan Desember 627, suatu pertempuran yg menentukan antara Bizantium dan kerajaan Persia terjadi di Nineveh. Pada waktu itu tentara Bizantium secara tdk terduga mengalahkan tentara Persia.

Akhirnya kemenangan orang2 Romawi yg dinyatakan Allah dalam Al-Qur’an secara menakjubkan terjadi. Keajaiban lain yg diwahyukan di surat ini adalah pengumuman fakta geografis yg tidak bisa diketahui pada waktu itu.

Didalam ayat 3, kita diberitahu bahwa orang Romawi dikalahkan di bagian yg paling rendah di Bumi. Ungkapan “Adna al Ardh” di dalam bahasa Arab diterjemahkan sbg tempat yg dekat dlm bnyk terjemahan. Tetapi ini bukan arti harfiah dari pernyataan asli, tetapi merupakan penafsiran figuratif dari ayat tsb. Kata “adna” dalam bahasa Arab berasal dari kata “deni” yg berarti “rendah” dan “ardh” berarti dunia. Oleh karena itu ungkapan “adna al ardh” berarti tampat paling rendah di muka Bumi.

Yang paling menarik, puncak kekalahan Bizantium pd saat itu benar2 terjadi di titik paling rendah di muka Bumi. Daerah yg disebut ini adalah lembah laut Mati, yg terletak pada titik temu dari wilayah yg dimiliki Syiria, Palestina dan Yordania. “Laut Mati” terletak 395m di bawah permukaan laut, benar2 mrpkn titik paling rendah di muka Bumi.

Hal yg paling menakjubkan terletak pada ketinggian laut mati hanya bisa diukur dgn teknik2 pengukuran modern. Sebelum itu, mustahil bagi siapapun u/ mengetahui bahwa itu merupakan daerah paling rendah di permukaan Bumi. Tetapi Al-Qur’an membuktikan bahwa ia memang wahyu Illahi.

= kemenangan umat Islam atas Persia dan Romawi
Meskipun berita kemenangan ini tidak ada di Al-Qur’an, namun kabar gembira ini terdapat dalam hadits Rasulullah. Ketika menjelang perang Khandaq, Rasulullah mengumpulkan para sahabat untuk meminta pendapat mereka tentang berita penyerangan kaum Musyrik. Rasulullah meminta pendapat perihal tempat peperangan yg akan dilakukan. Apakah umat Islam hrs meninggalkan kota Madinah agar menghindari wanita dan anak2, atau peperangan di dalam kota dengan bertahan didalamnya.

Setelah bermusyawarah, akhirnya diputuskan untuk bertahan di Madinah dengan menggunakan strategi perang berdasarkan usulan salah seorang sahabat yaitu membuat parit disekeliling Madinah. Lalu dimulailah pekerjaan membuat parit tsb, hingga pada suatu tempat pertemuan 2 jalur parit ada sebuah batu besar yg tidak dapat dihancurkan oleh para sahabat. Jika batu besar ini tidak dihancurkan, maka jalur hrs dibuat berputar sedikit, sehingga membuatnya tidak efisien.

Para sahabat kemudian memberitahukan perihal ini kepada Rasulullah, dan akhirnya Rasulullah sendiri yg mencoba untuk menghancurkan batu tsb. Dan batu besar itu pun akhirnya bisa dihancurkan oleh Rasulullah. Namun ada sebuah peristiwa luar biasa saat dihancurkan batu tsb. Ketika Rasulullah mengayunkan palu besarnya ke batu itu dan mengenainya, terpecik api yg  besar dan membentuk seperti lukisan bentuk kerajaan. Kejadian tsb mencengangkan para sahabat.

Rasulullah kemudian berkata,”Itu adalah gambar kerajaan Persia, insya Allah suatu saat kalian akan mengalahkannya.” Lalu Rasulullah kembali memukul kembali batu itu dan kembali keluar percikan api kembali dan membentuk lukisan bentuk kerajaan. Rasulullah kemudian berkata kembali,”Itu adalah gambar kerajaan Romawi, insya Allah suatu saat kalian akan mengalahkannya.”

Dan ternyata perkataan Rasulullah tsb benar, meskipun peristiwa penaklukan 2 negara adidaya tsb terjadi ketika Rasulullah telah wafat. Romawi berhasil dikalahkan oleh seorang panglima muda, Muhammad Al Fatih.

Namun, ketika berita tsb dikabarkan bisa jadi mustahil, karena ketika itu kekuatan dua imperium besar sangat hebat. Sedangkan umat Islam ketika itu belum ada apa2nya. Mungkin analoginya seperti kita melihat Rusia dan Amerika, atau biar lebih mudah Amerika saja (krn Rusia sudah terpecah).

Bagaimana jika dikabarkan Indonesia akan mengalahkan Amerika?
Apakah ada yg percaya?? Namun, perkataan Rasulullah yang notabene juga mendapat panduan dari Illahi merupakan sesuatu yang benar.

= adanya Surga dan Neraka
Saudaraku sekalian,
Jika pada bahasan2 sebelumnya, Allah telah membenarkan perkataan2Nya di dalam Al-Qur’an dan memang sejarah telah membuktikannya. Maka ada juga peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang yang sampai sekarang belum terjadi, yaitu adanya hari Akhir dan penentuan Surga dan Neraka.

Berita ini terdapat banyak sekali di beberapa tempat didalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, suatu saat janji
Allah ini pasti akan terjadi. Persiapkanlah diri kita akan datangnya peristiwa tsb. Dan disanalah tempat kita
yang sebenarnya …

(*) Al-Qur’an berbicara ilmu pengetahuan
Salah satu kehebatan yang dimiliki o/ Al-Qur’an adalah fakta bahwa kebenaran ilmiah yang baru diungkapkan dengan teknologi abad ke 20 dinyatakan dalam Al-Qur’an 1400 tahun yang lalu.
Tentu saja Al-Qur’an bukan merupakan sebuah buku ilmu pengetahuan. Tetapi, banyak fakta ilmiah yg dinyatakan secara akurat dan mendalam yg baru diungkapkan dgn teknologi abad ke 20. Fakta2 ini tidak bisa diketahui pada waktu Al-Qur’an diturunkan , dan ini lebih dari sekedar pembuktian bahwa Al-Qur’an adalah firman Allah.

Mari kita simak beberapa mu’jizat ilmiah yg terdapat di dalam Al-Qur’an :
= ORBIT
Ketika merujuk kepada matahari dan bulan dalam Al-Qur’an, ditekankan bahwa masing2 bergerak pada suatu orbit tertentu. “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing2 dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya”(QS.21:33)
Disebutkan pada ayat lain, bahwa matahari tidak statis tapi bergerak dalam orbit tertentu.
“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui”.(QS.37:28 )

Fakta2 tsb telah ditemukan oleh pengamatan astronom di zaman kita. Menurut perhitungan para astronom, matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa 7200 km/jam ke arah bintang vega pada orbit tertentu yg disebut Solar Apex. Disamping itu, semua bintang di alam jagad raya mempunyai gerak yg sama dan terencana.

Bahwa keseluruhan jagad raya ini penuh dgn jalur2 dan orbit2 ditulis dlm Al-Qur’an. “Demi langit yang mempunyai jalan-jalan”.(QS 51:7)
Terdapat sekitar 200 milyar galaksi di alam raya dgn hampir 200 milyar bintang didalam masing2 galaksi. Kebanyakan bintang2 mempunyai planet dan kebanyakan planet memiliki satelit. Smua benda2 langit ini bergerak dalam suatu orbit  yang dihitung secara akurat.

= ATAP YANG MELINDUNGI
Dalam Al-Qur’an Allah meminta perhatian kita tentang ciri yg sangat menarik dari langit.
“Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda2 (kekuasaan Allah) yg terdapat padanya”(QS.21:32)

Seperti yg kita ketahui, atmosfer mengelilingi bumi mempunyai fungsi yg sangat penting bgi kelangsungan
hidup. Menghancurkan meteor2 yg jatuh, menyaring berkas sinar yg berbahaya, melindungi Bumi dari dinginnya luar angkasa yg membekukan yaitu skitar minus 270 derajat celcius, adanya sabuk Van Allen yg melindungi radiasi yg berbahaya, dll.

= LAPISAN ATMOSFER
Salah satu fakta mengenai jagad raya yg terungkap didalam ayat Al-Qur’an adalah bahwa langit terdiri
dari 7 lapisan. “Dia-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikanNya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”(QS.2:29)
“Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap2 langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yg dekat dengan bintang2 cemerlang dan Kami memeliharanya dgn sebaik2nya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS.41:12)

“Kata langit” yg muncul dalam banyak Al-Qur’an digunakan u/ merujuk kpd langit diatas bumi maupun keseluruhan jagad raya. Dalam konteks ayat diatas, dilihat bahwa langit bumi, atau atmosfer, terdiri dari 7 lapisan.

Dan sekarang diketahui bahwa atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan yg terletak diatas satu sama lain.
Di dalam sumber2 ilmiah, diketahui bahwa atmosfer terdiri dari 7 lapisan yaitu troposfir, statosfir, ozonosfir, mesosfir, ionosfir, termosfir dan eksosfir.

Mu’jizat penting lainnya mengenai topik ini disebutkan dalam pernyataan “Dia mewahyukan pada tiap2 langit urusannya”, pada ayat 12 surat Al-Fusilat. Dan memang terbukti bahwa masing2 lapisan memiliki fungsi2nya masing2.

= FUNGSI GUNUNG
Al-Qur’an mengajak kita u/ memperhatikan fungsi yg sangat penting dari gunung2.
“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung2 yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka,..” (QS.21:31)
Di dalam sebuah ayat, peranan gunung ini ditunjukkan o/ perbandingan dengan “pasak”.
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan ? dan gunung2 sebagai pasak?”(QS.78:6-7)
Fungsi mematok dari gunung ini digambarkan dalam literatur ilmiah dengan istilah “isostasi”. Isostasi adalah keseimbangan umum pada kerak bumi yg dipertahankan o/ aliran bahan2 batuan di bawah permukaan di bawah tekanan gravitasi.

Gunung memaku lempengan ke kerak bumi bersama dgn meluaskan diatas dan dibawah permukaan bumi pada titik temu lempengan ini. Dengan cara ini, ia memakukan kerak bumi dan mencegahnya dari bergerak diatas lapisan magma.

Peranan vital dari gunung ini diungkapkan o/ geologi modern dan riset seismik, diwahyukan dalam Al-Qur’an berabad2 lalu sbg contoh kebijaksanaan Allah.

= GERAKAN GUNUNG2
Dalam satu ayat kita diberitahu bahwa gunung tidak diam sebagaimana kelihatannya, tetapi selalu dalam keadaan bergerak. “Dan kamu lihat gunung2 itu, kamu sangka dia tetap ditempatnya, padahal ia berjalan sebagaimana jalannya awan”.(QS.27:88 )

Gerakan gunung ini disebabkan oleh gerakan kerak2 bumi dimana mereka terletak. Pada awal abad 20, u/ pertama kalinya didalam sejarah seorang ilmuwan bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua2 di bumi sebelumnya menyatu ketika pertama kali terbentuk tapi kemudian menuju ke berbagai arah, shg terpisah ketika mereka menjauh satu sama lain.

Ditemukan hasil riset ahli geologi yg dilakukan  pada awal abad 20, gerakan kerak bumi sbb:
“…Menurut teori lempeng tektonik, plat atau lempeng ini bergerak di muka Bumi yg membawa Benua dan dasar laut. Gerakan Benua telah diukur pada kecepatan 1-5 cm/thn. Ketika lempengan ini terus bergerak akan menghasilkan suatu perubahan yg lambat pada geografi bumi. Setiap tahun, misalnya laut Atlantik menjadi semakin sedikit lebar”.

Terdapat hal penting yg perlu dinyatakan disini, bahwa Allah telah menyebut gerakan gunung sbg tindakan kerja mengambang pada ayat tsb. Sekarang ilmuwan modern juga menggunakan istilah “Continental Drift” untuk gerakan ini.

SUBHANALLAH …

2 Responses to “Pesona Al-Quran (2/2)”

  1. tuturtawa jejak Says:

    mw tanya nie…
    apa AlQuran jg bicara tentang pemberontakan dan pembunuhan Sayidinna Utsman, pembunuhan kepada Sayidinna Ali bin Abi Thalib, Perang Onta, Perang Siffin, Perang Nahrawan, Perang Karbala? Trims…
    [ tuturtawa-jejak.blogspot.com ]

  2. rudy Says:

    @tuturtawa jejak
    Perlu diingat bhw Al-Quran merupakan petunjuk yg universal dan beberapa keterangan di dalamnya masih perlu diuraikan melalui hadist.Hal ini mgkn dikarenakan otak manusia masih sangat terbatas dalam memahami ayat2 Al-Quran.Seperti halnya puisi,diperlukan org2 tertentu untuk dapat memahami ayat Al-Quran (dlm hal ini rasul adalah penterjemah itu).
    Peristiwa yang Anda tanyakan termasuk ke dalam hal yg mikro.Bila Anda pelajari Al-Quran dg seksama,maka Anda akan temukan bahwa sebenarnya peristiwa yg Anda tanyakan sudah disebutkan secara samar dan umum.Saran saya adalah cobalah Anda pelajari lg dg seksama.Insya Allah, Anda akan temukan jawabannya.
    Terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: