11 cara panjang umur

Panjang umur merupakan dambaan setiap orang, dan banyak yang mengira di jaman yang serba canggih ini memiliki umur panjang sudah tidak mungkin. Anggapan tersebut tidaklah salah mengingat banyak sekali racun yang terdapat di sekitar kita. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai langkah untuk memperpanjang umur kita. Kami memiliki 11 tips untuk membuat umur anda lebih panjang, lepas dari takdir yang diberikan oleh Sang Kuasa. Langkah-langkah di bawah dapat anda tempuh juga untuk memperoleh kebahagiaan hidup dan tentu saja, terlihat awet muda dari usia anda sebenarnya.

1. Rutin cek kesehatan
Pemeriksaan kesehatan menyeluruh sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi munculnya penyakit kronis sehingga dapat ditanggulangi sejak dini. Pemeriksaan secara berkala tersebut meliputi tes kolesterol, fungsi tiroid, pemeriksaan lab serta rontgen dan update imunisasi tertentu seperti tetanus dan hepatitis. Untuk wanita penting pula melakukan pemeriksaan serviks secara rutin untuk menghindarkan dari kanker rahim, terutama bagi pelaku seksual aktif.

2. Cek gigi secara rutin
Mengecek gigi juga penting untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut seperti kanker bibir dan lidah yang membunuh 1 orang setiap jam. Gosok gigi secara teratur dan ke dokter gigi 6 bulan sekali.

3. Cinta diri sendiri
Kunci untuk mencintai diri sendiri adalah dengan bersyukur. Anda harus dapat mensyukuri hidup yang diberikan oleh Tuhan dan orang-orang yang berada di sekitar anda. Cinta kasih anda tampang orang yang lagi bahagiaterhadap diri sendiri akan berdampak pada orang-orang disekitar anda. Camkan bahwa anda tidak harus membahagiakan semua orang dan membuat semua orang menyukai anda. Bila mendapat masalah segera diskusikan dengan teman terdekat atau konsultasi ke ahli psikologi bila anda mendapat masalah serius, jangan dipendam sendiri.

4. Manajemen Stres
Kenali penyebab stress anda dan pecahkan masalahnya. Stres merupakan sebab insomnia dan berbagai penyakit lainnya. Cobalah untuk melakukan yoga atau meditasi untuk menghilangkan stress dan menyegarkan pikiran anda. Jika anda seorang muslim, mungkin melakukan sholat adalah solusi tepat dan murah untuk menghilangkan stress dan berserah diri ke Yang Kuasa.

5. Memperlambat penuaan
Memperlambat tanda-tanda penuaan dapat dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam dan menggunakan body lotion dengan tabir surya yang melindungi kulit terutama daerah mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit.

6. Olahraga rutin
Melakukan olah raga dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung. Berolahraga juga merupakan cara yang paling efektif untuk membakar lemak dan sangat jitu bagi para pelaku diet. Tak hanya itu, olah raga juga membuat tubuh jadi fresh dan tidak mudah lelah terutama saat melakukan aktivitas rutin.

7. Makan makanan sehat
Memakan makanan sehat dan bukan makanan pusat saji menjaga tubuh tetap sehat. Lebih bagus bila anda memakan makanan organic yang berasal dari tumbuhan yang tidak memakai pestisida untuk perawatannya. Makanan sehat tidak melulu untuk menjaga berat badan, tapi juga menyumbang bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh. Jaga porsi makanan supaya tidak berlebih namun juga tidak kurang.

8. Berhenti merokok
Merokok mengandung 17 macam racun di setiap batangnya. Merokok juga membuat anda rawan terkena kanker dan penyakit kardiovaskular, menopause awal dan masalah fertilitas serta menstruasi.

9. Membatasi konsumsi alkohol
Alkohol menyebabkan timbulnya penyakit sirosis dan hepatitis dengan rasio terkena lebih tinggi pada wanita. Alkohol juga dapat memicu kanker payudara dan juga kematian akibat kecanduan yang tinggi.berani bilang tidak pada narkoba

10. Seks aman
Seks aman wajib dilakukan terutama bagi orang yang tidak melakukan monogami alias berganti-ganti pasangan. Melakukan seks aman artinya menggunakan kondom setiap melakukan hubungan. Penggunaan kondom sangat penting untuk mencegah tertular penyakit kelamin juga HIV.

11. Mengemudi dengan Aman
Gunakan sabuk keselamatan selama anda berkendara. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan mengemudi kendaraan saat anda mabuk.

2 Responses to “11 cara panjang umur”

  1. asuna17 Says:

    Artikel anda di

    http://psikologi.infogue.com/11_cara_panjang_umur

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. Lidia Devega Says:

    12.Tersenyumlah.karena senyum itu sehat…hihihi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: