Jenis pekerjaan di bidang IT

Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman saya, berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan di bidang IT yang dapat dipilih. Mudah2an bermanfaat bagi yang ingin meniti karirnya di masa depan.

1) Teknisi Komputer

Jenis pekerjaan ini contohnya adalah merakit komputer (biasa ditemui di toko komputer), memasang jaringan dan infrastruktur IT lainnya (petugas lapangan). Untuk pekerjaan ini tidak dibutuhkan tingkat kesarjanaan. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan SMU atau STM.

2) Programmer

Tugasnya adalah membangun software atau aplikasi, baik itu di internal organisasi atau outsource. Bahasa gaulnya adalah ngoding. Dari pengalaman saya, programmer perlu memiliki kemampuan yang spesifik disuatu teknologi atau spesialisasi, misalnya Java, .NET, atau yang lainnya. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada programmer yang jago dibeberapa bahasa pemrograman. Kalau dibedakan menjadi 2 bagian besar, maka akan ada programmer yang spesialisasi di desktop application dan webbased application. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.

3) system analyst

Tugasnya adalah merancang sistem. Ia bertugas menerjemahkan user requirement menjadi rancangan sitem, dari logical database sampai user interface. Ada beberapa yang menganalogikan antara analyst dan programmer seperti pekerjaan membuat baju. Kalau system analyst adalah designernya, sedangkan programmer adalah tukang jahitnya. Biasanya untuk menjadi system analyst harus dimulai dari pengalaman menjadi programmer dulu, meskipun ada beberapa company yang langsung meng-hire fresh graduate menjadi system analyst karena company tersebut memang bergerak di level analyst. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.

4) Peneliti atau dosen

Bagi yang memiliki jiwa peneliti dan pengajar, pekerjaan ini sangat cocok buat anda. Ada beberapa teman saya yang lebih ingin menjadi peneliti atau dosen, dibanding bekerja menjadi seorang pelaku industri. Tentunya orang-orang yang memilih jalur ini akan mendapatkan kesempatan untuk tingkat pendidikan lebih lanjut seperti S2 dan S3.

5) administrator

Ada beberapa tipe administrator yang dimaksud yaitu administrator database, administrator operating system, administrator jaringan, dan administrator aplikasi (misal ERP). Masing-masing memiliki keahlian spesifik dibidangnya dan bahkan sertifikasi khusus untuk masing2 teknologi, seperti Microsoft, Cisco, Oracle, dll. Sertifikasi ini menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan dalam meng-hire orang-orang diposisi ini. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.

6) security administrator

Di beberapa perusahaan besar ada fungsi khusus untuk mengelola security sebagai bagian dari IT Governance untuk terciptanya segregation of duties. Tugasnya antara lain sebagai pengelola user access dan pengelola konfigurasi security. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.

7) IT consultant / compliance

Ada beberapa turunan dari bidang pekerjaan ini yang diantaranya adalah :

- IT auditor, melakukan evaluasi dan rekomendasi atas lingkungan IT di sebuah perusahaan. Sertifikasi yang terkait dengan hal ini adalah CISA, CGEIT dan CIA.

- Security consultant, melakukan evaluasi dan rekomendasi khusus untuk keamanan IT di sebuah perusahaan. Sertifikasi yang terkait dengan hal ini adalah CISSP, CISM, dan SANS.

- IT compliance, melakukan evaluasi atas kepatuhan lingkungan IT suatu perusahaan terhadap beberapa regulasi yang terkait dengan perusahaan tersebut baik itu dari internal maupun external.

- Penetration tester, melakukan evaluasi atas keamanan suatu sistem dengan cara mencoba menerobos seperti seorang hacker. Sertifikasi yang terkait adalah CEH dan CHFI. Meskipun demikian, pengalaman dan knowledge hacking lebih diutamakan untuk menjadi profesi ini.

8> IT Art/Designer

Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah web designer, image designer, dan animator (2D/3D). Disini sangat dibutuhkan orang-orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi, karena memang pekerjaan ini akan mengutamakan dari sisi art. Meskipun seseorang bisa menggunakan tools spt Adobe Photoshop, Macromedia Dreamworks, 3D animation tool dan lainnya, namun tidak akan ada gunanya jika mereka tidak memiliki jiwa seni.

9) Data analyst

Tugasnya adalah mengolah data dan memberikan hasil analisa terhadap olahan data tersebut. Orang yang termasuk di bidang ini seperti data analyst untuk revenue assurance, data analyst untuk fraud investigator, atau juga data analyst untuk MIS. Keahlian yang dibutuhkan adalah kemampuan menggunakan tools pengolahan data, seperti ACL, IDEA, dan lainnya.

Lalu terakhir pertanyaannya pasti, “pekerjaan mana yang gajinya paling tinggi?” Kalau menurut saya sih, kembali ke tempat perusahaan yang meng-hire. Contohnya belum tentu gaji programmer pasti lebih rendah dari analyst. Ada beberapa perusahaan yang menggaji programmer lebih tinggi dari analyst di perusahaan lain. Jadi, tergantung nasib juga :) Yang penting adalah kita melakukan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat kita. Untuk urusan gaji atau benefit lainnya, insya Allah akan mengikuti jika kita fokus pada pekerjaan kita.

Jika ada yang kurang silahkan ditambahkan …

About these ads
Posted in IT. Tags: , , . 13 Comments »

13 Responses to “Jenis pekerjaan di bidang IT”

  1. RachLax Says:

    Assalamu’alaykum…

    klo ada lowongan terkait beberapa posisi diatas boleh juga dong diinform akhi…

    hehehe…. :D

  2. Sekolah Pramugari Says:

    Selamat Sore…
    Salam Kenal dari Balikpapan…
    Boleh bertukar link..? :)

  3. Xgamer Says:

    Wah… terimakasih atas infonya

  4. kaskus engineer Says:

    menn… lupa network engineer lu cuy… menurut gw kocak pembagian job lu,,, :D

  5. berlian Says:

    hmm

  6. desi Says:

    bagus sekali infonya :)

  7. titut Says:

    nice info, izin share blh mas?

  8. Fakhri Bradda Souljah Says:

    Assalammu’alaikum,
    Terima kasih banyak nih infonya tentang pekerjaan di bidang IT,
    Sekaligus buat nambah nambah pengetahuan untuk masa depan.

  9. Yusfy Says:

    good infonya….tmbahkan info tntng non sarjana IT tp dpt nymplung d dunia IT…

  10. Aank Says:

    Saya tambahin 1 yaitu pencatatan dokumen seperti microsoft ofice itu kebayakan sekarang adalah harus bisa word dan exel.

  11. Arif mizteriuz Says:

    aku ra mudeng opo opo ki… aku pernah ditawarin jaadi IT. Tpi aku hanya lulusan smk mesin pengalaman kerja jadi maintenance. mana bisa jadi IT . terima tawaranya gak yaaaaa ?,, saranya donk


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: